fbpx

Mencari Informasi tentang Kompetitor

Berikut adalah nama-nama kompetitor utama saya di [industri]: [kompetitor 1], [kompetitor 2], dan [kompetitor 3]. Buatlah analisis tentang kekuatan, kelemahan, dan posisi pasar mereka.

Berikut adalah daftar produk atau layanan yang ditawarkan oleh kompetitor saya. [Produk 1] oleh [Perusahaan 1], [Produk 2] oleh [Perusahaan 2]. Analisislah tentang strategi harga, fitur, dan pemasaran mereka untuk mendapatkan wawasan tentang posisi persaingan mereka.

Berikanlah daftar saluran pemasaran yang digunakan oleh pesaing teratas saya. Analisislah tentang strategi pesan, targeting, dan keterlibatan pelanggan mereka untuk mengidentifikasi hal yang perlu ditingkatkan dan mendapatkan keunggulan kompetitif.

PERINTAH UMUM
  1. “Siapa kompetitor saya di [industri/niche] dan bagaimana mereka dibandingkan dengan [perusahaan/saya]?”
  2. “Apa [kekuatan/kelemahan] pesaing saya dan bagaimana saya bisa menggunakan informasi ini untuk mendapatkan keunggulan kompetitif?”
  3. “Jenis [produk/layanan] apa yang ditawarkan oleh pesaing saya dan bagaimana mereka dibandingkan dengan [perusahaan/saya]?”
  4. “Jenis strategi [harga] apa yang digunakan oleh pesaing saya dan bagaimana mereka dibandingkan dengan [perusahaan/saya]?”
  5. “Jenis strategi [pemasaran] apa yang digunakan oleh pesaing saya dan seberapa efektif mereka dalam [menghasilkan prospek/menarik pelanggan]?”
  6. “Jenis [konten] apa yang dipublikasikan oleh pesaing saya dan bagaimana saya bisa membuat konten yang lebih baik untuk bersaing dengan mereka?”
  7. “Jenis [kehadiran media sosial] apa yang dimiliki oleh pesaing saya dan bagaimana saya bisa memanfaatkan media sosial untuk bersaing dengan mereka?”
  8. “Jenis [layanan/dukungan pelanggan] apa yang diberikan oleh pesaing saya dan bagaimana saya bisa meningkatkan layanan/dukungan pelanggan saya sendiri untuk bersaing dengan mereka?”
  9. “Jenis strategi [SEO] apa yang digunakan oleh pesaing saya dan bagaimana saya bisa meningkatkan SEO saya sendiri untuk bersaing dengan mereka?”
  10. “Jenis [kemitraan/kolaborasi] apa yang dimiliki oleh pesaing saya dan bagaimana saya bisa membangun hubungan serupa untuk mendapatkan keunggulan kompetitif?”

Membuat Rencana Bisnis (Business Plan)

Tulis rencana bisnis untuk bisnis saya yang bernama [nama perusahaan] yang menjual [produk] ke [niche] dan ingin [tujuan].

Perusahaan saya mempunyai tujuan untuk [tujuan]. Tolong buatkan target kinerja atau KPI untuk setiap orang di tim saya dan siapa yang penanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Tuliskan secara garis besar KPI per 3 bulan.

Tolong buatkan rencana bisnis atau business plan untuk [nama perusahaan] yang menjual [produk] ke [niche dan target market] yang ingin [tujuan target market]. Sertakan perhitungan keuangan dari modal produksi, target penjualan, keuntungan hingga visi dan misi perusahaan.

Tulis daftar tujuan yang spesifik, terukur, dan dapat dicapai untuk [perusahaan atau proyek] menggunakan kerangka kerja OKR.

PERINTAH UMUM
  1. “Apa ide bisnis saya? Produk atau layanan apa yang akan saya tawarkan, dan bagaimana cara mereka berbeda atau unik dibandingkan dengan pesaing?”
  2. “Siapa pasar target saya? Apa kebutuhan dan masalah yang mereka hadapi, dan bagaimana produk atau layanan saya akan mengatasinya?”
  3. “Apa strategi pemasaran dan penjualan saya? Bagaimana saya akan mencapai dan terlibat dengan audiens target saya, dan saluran atau taktik apa yang akan saya gunakan untuk mempromosikan bisnis saya?”
  4. “Bagaimana saya akan membangun dan mengorganisir bisnis saya? Struktur hukum apa yang akan saya gunakan, dan bagaimana saya akan mengelola keuangan dan operasi?”
  5. “Proyeksi dan tujuan keuangan saya seperti apa? Berapa banyak pendapatan yang saya harapkan untuk menghasilkan pada tahun pertama, dan bagaimana cara saya berinvestasi dalam pertumbuhan dan ekspansi dari waktu ke waktu?”
  6. “Apa risiko dan tantangan yang mungkin dihadapi bisnis saya, dan bagaimana saya akan mengurangi atau mengatasi masalah tersebut?”
  7. “Siapa anggota kunci dari tim saya, serta peran dan tanggung jawab apa yang mereka miliki? Bagaimana saya akan merekrut dan mempertahankan karyawan yang berbakat seiring dengan pertumbuhan bisnis?”
  8. “Apa tujuan jangka pendek dan jangka panjang saya untuk bisnis, dan bagaimana saya akan mengukur kemajuan dan keberhasilan?”
  9. “Bagaimana saya akan tetap kompetitif dan menyesuaikan diri dengan perubahan di pasar atau industri dari waktu ke waktu? Strategi apa yang akan saya gunakan untuk berinovasi?”
  10. “Bagaimana saya akan mendanai bisnis dan mengelola arus kas? Sumber pendanaan atau investasi apa yang akan saya gunakan, dan bagaimana saya akan membuat anggaran dan mengelola pengeluaran?”

Menulis Proposal untuk Klien

Tulis proposal untuk [klien potensial] saya yang mengalami kesulitan dengan
[pain points]. Ini adalah layanan yang saya tawarkan [daftar layanan].
Buatlah proposal [jelaskan nada suara]..

Tulis proposal untuk calon [klien] saya yang mengalami kesulitan dengan
[pain points]. Ini adalah layanan yang saya tawarkan [daftar layanan].
Ini adalah [harga yang diusulkan] dan [timeline] untuk pengiriman.
Buatlah proposal [jelaskan nada suara].

Saya memasarkan proyek kepada [masukkan nama perusahaan/organisasi] dan
perlu menulis proposal. Proyek ini difokuskan pada [masukkan lingkup proyek].
Apa deliverables dan timeline kunci untuk proyek ini? Bagaimana saya akan
memastikan bahwa proyek ini memenuhi kebutuhan mereka? Tulislah proposal yang
singkat dan persuasif.

PERINTAH UMUM
  1. “Bagaimana [layanan] dapat membantu bisnis klien di [industri] mencapai tujuan dan objektifnya?”
  2. “Bagaimana bisnis di [industri] dapat menonjol dari pesaing?”
  3. “Bagaimana kami dapat membantu [tipe bisnis] meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis lain?”
  4. “Apa solusi yang dapat [tipe bisnis] berikan untuk mengatasi masalah atau tantangan saat ini di pasar?”
  5. “Bagaimana [tipe bisnis] dapat membantu klien untuk memperluas basis pelanggan dan menjangkau pasar baru?”
  6. “Langkah apa yang perlu diambil [tipe bisnis] untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan?”
  7. “Bagaimana [tipe layanan] kami dapat tetap berada di depan tren dan inovasi industri?”
  8. “Bagaimana [tipe industri] dapat menunjukkan ROI dan dampak potensial dari layanan mereka kepada klien?”

Pernyataan Visi Perusahaan

Buatlah pernyataan visi perusahaan yang mencakup:
Pendahuluan: “Visi kami adalah untuk [masukkan pernyataan visi Anda, seperti ‘mengubah dunia’, ‘mengganggu industri’, atau ‘mengubah kehidupan’].
Nilai: Kami percaya pada [masukkan nilai pertama Anda, seperti ‘inovasi’, ‘keunggulan’, atau ‘integritas’], [masukkan nilai kedua Anda], dan [masukkan nilai ketiga Anda]. Nilai-nilai ini memandu tindakan dan keputusan kami saat bekerja menuju visi kami.
CTA (Call to Action): Bergabunglah dengan kami saat kami bekerja untuk [masukkan pernyataan visi Anda dalam tindakan, seperti ‘menciptakan masa depan yang lebih baik’, ‘menginspirasi perubahan’, atau ‘membuat perbedaan’].
Informasi Kontak: Hubungi kami melalui [masukkan metode kontak yang Anda inginkan, seperti telepon, email, atau obrolan] di [masukkan alamat email atau nomor telepon tim Anda] jika Anda ingin tahu lebih lanjut.
Tanda tangan: Hormat kami, [masukkan nama Anda].”

Saya sedang memasukkan proposal untuk proyek ke [masukkan nama perusahaan/organisasi] dan perlu menulis proposal. Proyek ini difokuskan pada [masukkan ruang lingkup proyek]. Apa saja pengiriman dan jangka waktu utama untuk proyek? Bagaimana saya akan memastikan bahwa proyek ini memenuhi kebutuhan mereka? Tulis proposal yang singkat dan meyakinkan.

PERINTAH UMUM
  1. “Buat pernyataan visi yang merangkum tujuan dan arah perusahaan saya.”
  2. “Berpikir keras untuk beberapa ide pernyataan visi perusahaan saya.”
  3. “Jenis dampak seperti apa yang ingin saya perusahaan saya berikan pada dunia?”
  4. “Nilai-nilai seperti apa yang ingin saya perusahaan saya miliki?”
  5. “Budaya seperti apa yang ingin saya ciptakan dalam perusahaan saya?”
  6. “Pelanggan seperti apa yang ingin saya tarik ke perusahaan saya?”
  7. “Warisan seperti apa yang ingin saya perusahaan saya tinggalkan?”
  8. “Perbaiki pernyataan visi saya dengan memasukkan prompt yang lebih spesifik terkait tujuan, nilai, dan audiens perusahaan saya.”
  9. “Bandingkan dan kontraskan versi pernyataan visi yang berbeda untuk melihat mana yang paling melekat.”
  10. “Dapatkan feedback atau tanggapan pada pernyataan visi saya dengan memasukkannya ke Chat GPT untuk mengevaluasi kejelasannya, kepadatannya, dan keefektifannya secara keseluruhan.”

Menghasilkan Ide Bisnis

PERINTAH UMUM
  1. “Bisakah Anda menyarankan beberapa ide bisnis yang saat ini banyak diminati?”
  2. “Bisakah Anda menyarankan beberapa ide bisnis yang saat ini banyak diminati di [masukkan industri atau negara]?”
  3. “Saya mencari ide bisnis yang memerlukan modal yang kecil. Apa Anda punya saran?”
  4. “Apa saja ide bisnis yang inovatif dan unik?”
  5. “Saya menjalankan bisnis [deskripsikan bisnis]. Menurut Anda, apa produk dan layanan baru yang bisa saya tawarkan kepada pelanggan?”
  6. “Bisakah Anda merekomendasikan beberapa ide bisnis untuk startup dengan sumber daya yang terbatas?”
  7. “Saya tertarik untuk memulai bisnis di [masukkan industri]. Ide apa yang Anda miliki untuk saya?”
  8. “Saya tertarik untuk memulai bisnis di [niche]. Tolong beri saya ide bisnisnya”
  9. “Bisakah Anda merekomendasikan beberapa ide bisnis yang cocok untuk pemula?”
  10. “Apa saja ide bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi?”
  11. “Saya suka [hobi atau minat]. Bisnis apa yang bisa saya ciptakan?”
  12. “Saya ahli di bidang [keterampilan dan pengalaman]. Bisnis apa yang bisa saya buat?”
  13. “Saya ingin punya bisnis di [industri] tetapi saya tidak yakin dari mana harus memulai. Ada ide?”
  14. “Saya lagi cari ide bisnis yang ramah lingkungan. Bisakah Anda membantu saya?”
  15. “Saya lagi cari ide bisnis yang bisa saya lakukan dari rumah. Bisakah Anda membantu saya?”
  16. “Bisakah Anda menyarankan beberapa ide bisnis yang cocok untuk di daerah pedesaan?”
  17. “Apa saja ide bisnis yang mudah untuk diperbesar?”
  18. “Bisakah Anda menyarankan beberapa ide bisnis yang populer dengan [target market]?”
  19. “Saya ingin membangun bisnis yang dapat memberi dampak positif ke sosial. Apakah Anda punya saran?”
  20. “Saya seorang karyawan yang mau punya bisnis sampingan. Apa bisnis yang cocok untuk saya?”
  21. “Saya punya followers yang banyak di media sosial saya. Apa yang bisa saya lakukan untuk menghasilkan uang dari media sosial?”
  22. “Saya ingin punya bisnis yang dapat mendukung seluruh wanita agar mencintai dirinya sendiri dengan keadaan apapun dan melawan isu body shamming. Tolong bantu saya untuk menemukan ide bisnis yang cocok, beda dari yang lain, dan inovatif.

Persiapan untuk Pitching Investor

Anda dapat menggunakan ChatGPT untuk latihan memainkan peran atau roleplay dan menyempurnakan pitch Anda. Berikut adalah 10 contoh bagaimana cara menulis prompt skenario dan meminta feedback atau tanggapan tentang pitch Anda.

PERINTAH BERISI SKENARIO
  1. Bayangkan Anda pitch ke investor untuk aplikasi seluler baru yang membantu orang melacak asupan air harian mereka. Jelaskan masalah yang dipecahkan oleh aplikasi dan audiens target untuk aplikasi tersebut.
  2. Anda meminta investor untuk garis busana ramah lingkungan baru. Jelaskan fitur unik pakaian dan bagaimana mereka menguntungkan lingkungan, dan bagikan rencana Anda untuk pemasaran dan distribusi.
  3. Bayangkan Anda meminta investor untuk platform perangkat lunak baru yang mengotomatisasi proses pembayaran hutang usaha kecil. Jelaskan titik-titik sakit yang diatasi oleh perangkat lunak dan bagaimana itu menghemat waktu dan uang bagi pemilik bisnis.
  4. Anda meminta investor untuk alternatif daging nabati baru. Jelaskan manfaat gizi produk dan bagaimana itu dibandingkan dengan daging tradisional dalam rasa dan tekstur, dan bagikan rencana Anda untuk produksi dan distribusi.
  5. Bayangkan Anda meminta investor untuk platform telemedisin baru yang menghubungkan pasien dengan penyedia layanan kesehatan melalui obrolan video. Jelaskan masalah yang dipecahkan oleh platform dan bagaimana itu menguntungkan pasien dan penyedia, dan bagikan rencana Anda untuk pemasaran dan pengembangan platform.
  6. Anda meminta investor untuk layanan baru yang membantu orang menemukan perumahan terjangkau di kota-kota dengan biaya tinggi. Jelaskan masalah yang diselesaikan oleh layanan dan audiens target untuk layanan tersebut, dan bagikan rencana Anda untuk pemasukan dan pertumbuhan.
  7. Bayangkan Anda meminta investor untuk platform media sosial baru yang memberi prioritas privasi pengguna dan keamanan data. Jelaskan fitur platform yang membedakannya dari platform media sosial lainnya, dan bagikan rencana Anda untuk akuisisi pengguna dan monetisasi.
  8. Anda meminta investor untuk platform e-commerce baru yang menghubungkan konsumen dengan pengrajin dan seniman lokal. Jelaskan masalah yang diselesaikan oleh platform dan bagaimana itu menguntungkan baik konsumen maupun pengrajin, dan bagikan rencana Anda untuk pemasaran dan ekspansi.
  9. Bayangkan Anda meminta investor untuk pasar online baru untuk barang konsumen yang berkelanjutan dan etis. Jelaskan fitur unik pasar dan bagaimana itu menguntungkan baik konsumen maupun produsen, dan bagikan rencana Anda untuk pertumbuhan dan dampak.
  10. Anda meminta investor untuk platform berbasis blockchain baru yang membantu usaha kecil mengakses pendanaan dari jaringan investor global. Jelaskan masalah yang diselesaikan oleh platform dan bagaimana itu menguntungkan usaha kecil dan investor, dan bagikan rencana Anda untuk mengembangkan platform.

Perekrutan dan Kepemimpinan

Bagaimana saya bisa membuat pesan personal untuk karyawan baru dari [jabatan]
yang menyoroti keunikan kekuatan dan kontribusi mereka untuk tim [Jenis
Perusahaan], sambil membuat mereka merasa dihargai dan didukung dalam peran
baru mereka?

Apa pesan yang baik untuk menyambut karyawan baru ke tim [detail perusahaan]
dan memberikan mereka gambaran singkat tentang budaya, nilai, dan tujuan
perusahaan kami?

Bagaimana cara saya membuat pengalaman onboarding yang menyenangkan dan menarik
untuk karyawan baru di [jenis perusahaan], yang mencakup kesempatan bagi mereka
untuk mengenal rekan kerja mereka, memperkenalkan diri dengan budaya perusahaan
kami, dan memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam [jabatan]?

Bagaimana cara saya membuat pesan untuk karyawan baru untuk [jabatan], yang
menampilkan komitmen [jenis perusahaan] kami terhadap keberagaman, kesetaraan,
dan inklusi, dan membuat mereka merasa welcome dan dihargai sebagai anggota
tim kami?

Jadwal kerja yang diharapkan dan budaya perusahaan untuk [jabatan] di
[jenis bisnis]?

Apa kualifikasi yang diperlukan untuk [jabatan] di [jenis bisnis]?

Dapatkah Anda memberikan tutorial langkah demi langkah tentang cara merekrut
[jabatan] untuk [jenis perusahaan]?

PERINTAH UMUM
  1. “Bayangkan Anda merekrut perwakilan layanan pelanggan baru. Apa keterampilan dan kualitas utama yang akan Anda cari dalam seorang kandidat? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk menilai kemampuan mereka dalam menangani pertanyaan pelanggan dan menyelesaikan masalah?”
  2. “Anda merekrut pengembang perangkat lunak baru. Apa keterampilan teknis dan pengalaman yang penting untuk posisi ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk mengevaluasi kemampuan pemrograman mereka dan keterampilan pemecahan masalah mereka?”
  3. “Bayangkan Anda merekrut manajer pemasaran baru. Pengalaman dan kualifikasi apa yang penting untuk peran ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk menilai pemahaman mereka tentang pasar target Anda dan kemampuan mereka untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif?”
  4. “Anda merekrut wakil penjualan baru. Sifat dan kualitas apa yang akan Anda cari dalam seorang kandidat untuk posisi ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk mengevaluasi keterampilan komunikasi dan persuasi mereka, serta kemampuan mereka untuk mencapai target penjualan?”
  5. “Bayangkan Anda merekrut manajer sumber daya manusia baru. Pengalaman dan kualifikasi apa yang penting untuk peran ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk menilai pemahaman mereka tentang praktik terbaik SDM dan kemampuan mereka dalam mengelola hubungan karyawan?”
  6. “Anda merekrut akuntan baru. Keterampilan teknis dan pengalaman apa yang penting untuk posisi ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk mengevaluasi pengetahuan mereka tentang prinsip akuntansi dan kemampuan mereka dalam menganalisis laporan keuangan?”
  7. “Bayangkan Anda merekrut desainer grafis baru. Pengalaman dan kualifikasi apa yang penting untuk peran ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk mengevaluasi kemampuan kreatif mereka dan kemampuan mereka untuk bekerja sama dengan anggota tim lain?”
  8. “Anda merekrut manajer proyek baru. Sifat dan kualitas apa yang akan Anda cari dalam seorang kandidat untuk posisi ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk menilai keterampilan kepemimpinan dan organisasi mereka, serta kemampuan mereka untuk mengelola tenggat waktu dan anggaran?”
  9. “Bayangkan Anda merekrut asisten administrasi baru. Keterampilan dan kualitas apa yang penting untuk peran ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk mengevaluasi kemampuan organisasi mereka dan kemampuan mereka untuk menangani tugas dan prioritas yang berbeda-beda?”
  10. “Anda merekrut analis data baru. Keterampilan teknis dan pengalaman apa yang penting untuk posisi ini? Pertanyaan apa yang akan Anda ajukan untuk mengevaluasi kemampuan mereka dalam menganalisis dan menafsirkan data, serta pengalaman mereka dengan alat dan teknik visualisasi data?”

Menulis Ringkasan Pertemuan

Ringkaslah 5 poin utama dari catatan pertemuan ini: [Copy & paste catatan].

Ringkaslah keputusan yang dibuat dan langkah-langkah selanjutnya yang diuraikan
dalam catatan pertemuan ini: [Copy & paste catatan].

Ringkaslah poin kunci yang diangkat, solusi yang diusulkan, dan departemen yang
bertanggung jawab dalam catatan pertemuan ini: [Copy & paste catatan].

PERINTAH UMUM
  1. “Bisakah Anda meringkas poin utama yang dibahas dalam pertemuan hari ini? [[salin dan tempel transkrip pertemuan].”
  2. “Saya akan menghargai jika Anda dapat memberikan ringkasan singkat dari pertemuan ini. [salin dan tempel transkrip pertemuan].”
  3. “Dapatkah Anda menuliskan ringkasan dari pertemuan ini yang kita lakukan sebelumnya? Saya ingin memastikan saya tidak melewatkan hal-hal penting: [salin dan tempel transkrip pertemuan].”
  4. “Silakan ringkas poin-poin utama dari pertemuan ini: [salin dan tempel transkrip pertemuan].”
  5. “Dapatkah Anda membuat ringkasan pertemuan yang dapat saya bagikan dengan pemangku kepentingan lain? Ini adalah transkrip dari rekaman: [salin dan tempel transkrip pertemuan].”
  6. “Saya perlu mengirim email tindak lanjut kepada semua orang yang hadir dalam pertemuan ini [salin dan tempel transkrip rekaman]. Bisakah Anda menulis ringkasan yang dapat saya sertakan dalam email?”